Minggu, 05 Desember 2010

Pentingkah Geophysics.......?????

Geofisika adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dengan pendekatan teori-teori fisika.
So……………
Jangan takut dengan rumus-rumus Fisika_nya…. Di Geofisika, kita tidak menggunakan rumus-rumus fisika yang sangat rumit dan kita juga tidak menurunkan rumus-rumus di Fisika…
Kita ng selalu belajar di dalam kelas, Kita juga Kuliah Lapangan...
Ini dia Mahasiswa Geophysics ITS yang sedang Kuliah Lapangan di Karang Sambung Jawa Tangah : 



Geofisika merupakan Bagian dari ilmu kebumian yang sebenarnya sudah diperkenalkan sedikit kepada SMP dan SMA melalui mata pelajaran geografi. Gefisika berbeda dengan geologi dan juga berbeda dengan geografi. Geologi lebih mendalami bumi beserta isinya dengan metoda observasi dan pengamatan langsung sedangkan geografi cangkupannya lebih luas yaitu mengenai bumi beserta lapisan-lapisannya dan kaitannya dengan human dan ilmu sosial. Sedangkan Geofisika lebih khusus mempelajari gejala-gejala kebumian berdasarkan pendekatan sain khususnya ilmu fisika.

Ilmu Geofisika sepertinya kurang diminati oleh para pelajar SMU yang mau meneruskan studinya ke jenjang perkuliahan. Hal ini dapat terlihat dari ketidaktahuan masyarakat dalam hal ini pelajar terhadap geofisika. Banyak pelajar yang tidak mengetahui apa itu geofisika. Mereka lebih berminat kepada ilmu-ilmu yang lain seperti MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan lain-lain. Rasanya jarang sekali pelajar yang menjadikan Teknik Geofisika sebagai pilihan pertama mereka untuk tujuan melanjutkan studi. Hal ini dikarenakan oleh kurangnya ilmu geofisika diterapkan pada sekolah umum dan jarang terekspos ke media massa.

Padahal prospek kerja sebagai Geophysicist (sebutan untuk para ahli geofisika) sangatlah cerah. Tidak ada satu orang pun Geophysicist yang sulit mendapatkan pekerjaan di tengah banyaknya pengangguran sarjana. Hal ini dikarenakan sangat dibutuhkannya tenaga geofisika dalam dunia pekerjaan khususnya bidang migas, geothermal, dan ahli kegempaan.

Di bidang Migas

Melihat persediaan minyak dunia yang semakin terbatas mengakibatkan geophysicist sangat dibutuhkan untuk mencari sumber minyak baru.

Di Bidang Geothermal

Melihat Persediaan minyak yang setiap harinya dipergunakan untuk semua keperluan, BERARTI suatu saat nanti MIGAS akan Selalu Berkurang dan akan HABIS. Maka, alternative lain, energy yang diperlukan ini menggunakan panas bumi, JADI Geoscientis sangat Dibutuhkan untuk mencari sumber panas di dalam bumi, menentukan seberapa besar kadungan yang ada di tiap daerah yang mempunyai panas buminya.. menentukan batuan apa yang dapat mengkonduksikan panas yang ada didalam bumi.

Di Bidang Kegempaan

Nah ini dia, Ayo kita mengingat kembali gempa-gempa yang ada di Indonesia (gempa di Aceh, Sumatra Barat, Krakatau, Gunung Merapi, dll).. Seberapa pahamkah masyarakat Indonesia mengenai kegempaan..??? Pasti kurang dari 5% dari keseluruhan RAKYAT INDONESIA. Jadi, Apakah Informasi Gempa-gempa di NEGARA KITA sendiri ini didadapatkan data-datanya dari Geoscientist Luar Negeri..

Walaupun Lulusan Geophysicist mempunyai IP rendah, ia masih dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Seharusnya pemerintah dalam hal ini Pertamina sebagai perusahaan milik negara yang banyak menyerap geophysicist melakukan sosialisasi mengenai ilmu geofisika kepada para pelajar SMU atau SMP di Indonesia Sehingga para pelajar akan lebih mengetahui tentang geofisika, prospek kerja dan hal-hal yang berkaitan dengan geofisika. Selain itu hal ini mungkin dapat menekan jumlah pengangguran di Indonesia yang jumlahnya semakin banyak mengingat prospek kerja geofisika yang sangat tinggi. Ruang lingkup pekerjaan yang sudah terhampar didepan para geophysicist tidak hanya di lingkup nasional bahkan terbesar ada di lingkup internasional. Di salah satu media luar perusahaan minyak asal argentina, amerika, arab saudi, kuwait dll menyatakan kesukaan nya terhadap tenaga ahli geofisika dari asia (termasuk indonesia,india, philipina).

Sebagai gambaran gaji seorang Geophysicist yang bekerja di perusahaan minyak untuk di onshore (darat) mencapai 5-10 ribu usd sedangkan untuk di offshore (lepas pantai) mencapai 15-20 ribu usd take home pay ( gaji pokok yang murni diterima, sedangkan masalah rumah dan kebutuhan kehidupan sehari-hari sudah dicukupi oleh perusahaan dengan standart hotel bintang lima).

Semoga informasi ini bermanfaat buat pelajar smu dan smk untuk memacu semangat belajar lebih giat lagi bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan sehingga bisa mempersiapkan diri baik-baik sejak ada di bangku sekolah, sedangkan mata pelajaran yang harus diminati sejak dini adalah ilmu pengetahuan alam khususnya fisika, matematika.


Apakah dari Sekian Banyak RAKYAT INDONESIA, TIDAK ADA yang mengerti masalah KEGEMPAAN….??


APAKAH NEGARA KITA INI SELALU MENGGUNAKAN AHLI-AHLI DARI LUAR…????

ATAU…..

UANG NEGARA INDONESIA INI HANYA DIGUNAKAN UNTUK MEMBAYAR PIHAK-PIHAK ASING SAJA…???

Ayo Kita Fikirkan lagi,,, di Indonesia, jika Geoscientist_nya berasal dari Luar, maka Mereka memperoleh berbagai macam data-data dari Indonesia.. dan data-data tersebut akan diproses di Negara mereka sendiri. Dan suatu saat nanti Mereka mampu menguasai SDA di Indonesia. Dan kita tidak akan tahu mengenai SDA Berharga yang ada di Negara Indonesia ini.. Apalagi kita berharap menggunakan Sumber daya alam tersebut…

DIMANA KEPEDULIAN KITA TERHADAP sekian banyak Sumber Daya Alam Indonesia…..?????


DIMANAKAH GEOSPHYSICIST INDONESIA…..??

KAMI YAKIN, ANDA BERKEINGINAN MENYELAMATKAN Sumber DAYA Alam di Indonesia….
Join with GEOPHYSICS………

Ini Universitas-Universitas yang mempunyai Jurusan geofisika :
ITS di Surabaya


ITB di Bandung
UGM di Yogyakarta
UB di di Malang
UI di Jakarta

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh juga ni blog, semangat rek..

auliaru mengatakan...

i'm a girl, how much girl in geophysicis faculty kak?

Posting Komentar